Neneng Rohayati

Guru Kimia di SMAN 5 Bekasi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesona Ummul Mukminin Khadijah Binti Khuwailid Radhiallahu Anha
Para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan dari pada istrinya (QS 2:282)

Pesona Ummul Mukminin Khadijah Binti Khuwailid Radhiallahu Anha

بسم الله الر حمنر حیم

Sebelum Kerasulan seorang Muhammad, Khadijah sebagai wanita yang menaruh perhatian pada Muhammad. Itulah awal kehidupan wanita sholihah Khadijah layak menjadi pahlawan pasca keRasulan Muhammad. Kontribusinya baik moral atau material yang Khadijah curahkan, membuat Islam memiliki pijakan awal yang kokoh dan bersahaja.

Memiliki nama lengkap Khadijah binti Qusay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fahr. Terlahir dari seorang bunda yang bernama Fathimah binti Zaidah bin Asham. Di masa jahiliyah, Khadijah dijuluki wanita suci yang dapat menjaga kehormatan diri, dan berakhlak mulia. Bebarapa pesona yang dimiliki oleh Ummul Mukminin Khadijah ra, antara lain:

1. Mempercayakan Hartanya kepada Nabi Muhammad SAW:

Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang jujur dan amanah, sebagai pengusaha kaya, Khadijah mengamanahkan bisnisnya kepada Muhammad yang ketika itu hanya sebagai pengembala ternak. Dengan sikap yang agung,jujur dan amanah hingga usaha dagang nya sukses sampai ke Kota Syam.

2. Keberaniannya Menikah dengan Nabi Muhammad SAW

Selama perjalanan ke Kota Syam, sepupunya Maisarah yang menemani Muhammad menceritakan akhlak yang baik yang dimiliki Muhammad, dan adanya tanda-tanda keNabian

3. Orang pertama yang mempercayai Turunnya Wahyu kepada Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad terbiasa melakukan khalwat (menyendiri) di Gua Hira sebulan penuh setiap tahunnya, hingga di Bulan Ramadhan mendapat Wahyu dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril, dan Khadijahlah sebagai istri yang selalu memperkuat tekadnya, dan setia mendampingi Rasul.

4. Penuh Hormat terhadap ajaran Islam

Khadijah termasuk orang pertama yang beriman kepada Allah SWT dan RasulNya. Khadijah pun ikut serta dalam berdakwah menyeru ajaran Islam. Khadijah memiliki sifat kepahlawanan

5. Bertahan dalam Embargo Politik-Ekonomi

Setelah berita kenabian Muhammad saw tersebar dikalangan kaum Quraisy, mereka berusaha untuk menekan aqidahnya, dan menghentikan dakwahnya.Namun Muhammad saw dan Khadijah tetap meneruskan dakwah dan aqidahnya. Hingga sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Yastrib (Madinah) dapat melewati masa-masa sulit.

Semoga kaum wanita dan juga pria dapat mengambil pelajaran berharga darisikap Khadijah.

Sebagaimana yang didapatkan oleh Khadijah ra yang diberi kabar gembira oleh Rasulullah berupa sebuah istana di surga yang terbuat dari emas dan perak, tidak ada teriakan kesakitan dan siksaan didalamnya. Semoga Allah SWT meridhoi amal perbuatan Khadijah Binti Khuwailid ra, seorang wanita suci, setia dan jujur, istri Mukminah dan Mujahidah. Semoag Allah SWT membalas segala jerih payah dalam memperjuangkan Islam dan kaum Muslimin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bu Neng...

04 Apr
Balas

terima kasih

04 Apr

Membicarakannya tidak habis habis kesempurnaan beliau Rodhiyalloohu 'anhumaa..

03 Apr
Balas

betul Bun

04 Apr

Membicarakannya tidak habis habis kesempurnaan beliau Rodhiyalloohu 'anhumaa..

03 Apr
Balas

Membicarakannya tidak habis habis kesempurnaan beliau Rodhiyalloohu 'anhumaa..

03 Apr
Balas



search

New Post